KETUA DPRD KOTABARU LIHAT ADA KENAIKAN DI APBD PERUBAHAN DIBANDING MURNI TAHUN 2023, AKAN DIBAHAS BERSAMA

Muhammad Yanuar Mohendra Kamis, 24 Agustus 2023 14 Kali


METROKALSEL.CO.ID, KOTABARU
– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Kotabaru melaksanakan rapat Paripurna masa persidangan I rapat ke 2 tahun sidang 2023-2024 dalam rangka penyampaian Bupati Kotabaru, terkait rancangan KUPA dan PPAS tahun anggaran 2023.

Rapat Paripurna dipimpin ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis didampingi wakil ketua Mukni AF dihadiri Bupati Kotabaru diwakili Asisten Perekonomian dan pembangunan Murdianto, Forkopimda serta anggota DPRD Kotabaru bertempat digedung DPRD Kotabaru, Sabtu (5/8/2023).

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, bahwa di APBD perubahan analis pagu di APBD perubahan sebesar Rp 2,2 sekian Triliun , artinya ada kenaikan dari pada APBD murni 2023.

Kemudian adanya kenaikan ini pasti nanti di APBD perubahan ada program program baru nanti akan disampaikan oleh pihak eksekutif. Sementara pihaknya dengar estimasi belanja yang disampaikan 2,7 teriliun artinya ada ring yang cukup lebar antara proyeksi pendapatan di APBD perubahan dengan ring belanja rencananya Rp 2,7 hampir diring Rp 500 milyar.

” Artinya kami akan melihat dipembahasan nanti secara rasional, kita jaga adalah kawatir ketika belanja melambung tinggi sementara nanti pendapatan tidak maksimal diakhir tahun yang menimbulkan depisit anggaran,” ujarnya.

Ini akan yang akan jaga nanti pada saat pembahasan bersama banggar dan didalami sebelum diperdajan.

” Kami akan melihat program apa saja yang membuat belanja itu semakin tinggi tentunya akan kita sesuaikan kembali dengan RPJMD tahun 2021 -2026 yang dibuat agenda daerah,” katanya.

Target mana saja, kata Syairi yang sudah tercapai dalam RPJMD ini yang kemungkinan masih dibiayai akan menjadi pertimbangan dewan, tetapi target yang belum tercapai mereka akan menjadi prioritas dipenuhi dulu termasuk di APBD di 2024.

” kita akan melihat dari sisi pariwisata, pendidikan, kesehatan termasuk infrastruktur malah yang paling tinggi dalam target RPJMD kalau memang sudah terpenuhi kita akan bergeser proritas lain yang akan diutamakan,” ucapnya. (ebt)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait